Sabtu, 20 April 2013 - 23:09:35 WIB
Paroki Bongsari yang sedang mekar
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: Artikel - Dibaca: 490 kali

Paroki Bongsari yang sedang mekar

Gereja Santa Teresia Kanak-Kanak Yesus Paroki Bongsari mulai didirikan diatas sebidang tanah kering seluas 4,5 hektar di perbukitan Kelurahan Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kotamadya Semarang.

            Lokasi tersebut saat itu masih berada di pinggiran kota dan penuh dengan alang-alang, serta tanaman bayam dan tanaman kacang. Sebagai tempat di pinggiran kota pada waktu itu keadaanya masih sunyi-sepi. Pemukiman penduduk masih berupa kelompok-kelompok rumah yang berjauhan di antara tanah-tanah sawah dan ladang. Sekarang berkat pemekaran wilayah daerah Kotamadya Semarang, lokasi tersebut masuk dalm wilayah tengah kota, dan kawasan sekitarnya sudah penuh dengan pemukiman penduduk.

Dengan memasuki delapan gereja wilayah (belum termasuk gereja induknya di Bongsari), yang luar teritorialnya sebagian masuk wilayah Kotamadya Semarang, sebagian lagi masuk wilayah Kabupaten Semarang dan sebagian lainnya masuk wilayah Kabupaten Kendal, Paroki “Santa Teresia” Bongsari saat ini dapat dikatakan sebagai paroki terbesar di Keuskupan Agung Semarang.

            Kedelapan gereja wilayah tersebut meliputi Gereja Santo Martinus di wilayah Krobokan, Kotamadya Semarang, Gereja Santo Ignatius di wilayah Krapyak Utara, Kotamadya Semarang, Gereja Santa Teresia  Avila di wilayah Kedungpane, Kotamadya Semarang, Gereja Santo Yohanes Rasul di wilayah Boja, Kabupaten Kendal, Gereja Santo Mikael di wilayah Perumahan Semarang Indah, Kotamadya Semarang, dan Gereja Santo Henricus di wilayah Ngalian, Kabupaten Kendal.

            Karena terlalu luasnya daerah pelayanan dan makin membesarnya jumlah umat yang dilayani serta terbatasnya jumlah pastor yang ada, Dewan Paroki “Santa Teresia” Bongsari melalui surat No. 026/DP.U/IV/2007 tanggal 19 April 2007 mengajukan usul kepada Uskup Agng Semarang untuk membagi Paroki “Santa Teresia” Bongsari menjadi beberapa stasi. Ini dimaksudkan untuk semakin baiknya pelayanan terhadap umat.

Karena luasnya teritorial maka pengurus Dewan paroki beserta para Romo Paroki bercita-cita tahun 2013 Paroki Bongsari dapat dikembangkan menjadi 3 paroki yaitu : Paroki Bongsari, Paroki Ignatius Krapyak dan Paroki Kristhologus BSB Ngaliyan. Perkembangan umat yang semakin banyak sampai tahun 2011 kira-kira 16.000 umat yang tersebar di 1 gereja induk dan 8 gereja filial (stasi).

Hingga saat ini Paroki Bongsari hanya di gembalakan oleh 3 Imam : Rm R. Maryono, SJ, Rm, Sarwanto, SJ dan Rm. Ardian Wicaksono, Pr, dengan ke 3 gembala tersebut memang di rasa kurang dalam pendampingan umat dilingkungan yang jumlahnya 153 lingkungan dan 52 wilayah.

Dalam pemberdayaan umat dewasa ini, Pengurus Dewan sesuai dengan visi dan misinya ingin mengajak umat untuk terlibat aktif di lingkungan sebagai komunitas basis dengan masyarakat sekitarnya. Sesuai dengan 4pilar ARDAS KAS, maka seluruh kegiatan di lingkungan hingga Paroki di arahkan menuju ke 4 pilar Ardas : Iman yang mendalam dan tangguh, optimalisasi peran awam, berpihak kepada KLMTD, dan lingkungan hidup.

Paroki Bongsari memang mempunyai sebuah tradisi “Pesta Bubur” yang biasanya di laksanakan saat memperingati pesta nama, peringatan ulang tahun para Romo,dll yang di laksanakan di halaman Gereja dengan makan bubur beraneka ragam dan jenis setelah misa kudus. Bermacam bubur tersebut di bawa oleh masing2x lingkungan yang di usahakan oleh umat sendiri. Sebenarnya makna yang terkandung di dalam pesta bubur tersebut adalah; sebuah bentuk kesatuan umat yang semakin guyup dari berbagai kalangan menyatu tidak mengenal berbagai status ssemua menyantap “bubur” untuk “melebur” menjadikan satu komunitas basis yang harus semakin signifikan dan relevan atau semakin bernilai dan bermakna baik untuk umat dan masyarakat pada umumnya. Kalau kegiatan tersebut di hubungkan dengan semangat hidup Santa Theresia tentu pasti ada yaitu semangat kesederhanaan yang tulus dan terbuka untuk mengabdi pada Allah. Namun di tahun 2011 pengurus Dewan Paroki mencoba kegiatan lain dalam memperingati ulang tahun Paroki dengan berbagai seminar, diskusi dan sosial, harapannya visi dan misi Paroki semakin tersosialisasi di kalangan umat.

 

VISI

Paroki Bongsari adalah komunitas umat beriman yang mewartakan dan menghadirkan persekutuan hidup Ilahi yang bersikap terbuka, kritis dan mau bekerja sama dengan siapapun yang berkehendak baik dalam ikatan cinta kasih.

 

MISI

1. Mengembangkan tata cara liturgi dan peribadatan yang mengarah pada

    keterlibatan umat dalam menanggapi panggilan dan perutusan penugasan

    Allah.      

2. Mengembangkan pola pewartaan untuk mencerdaskan umat beriman.

3. Mengembangkan potensi umat paroki untuk lebih terbuka dalam pelayanan dan   

    kerjasama secara signifikan dan relevan dengan  semua masyarakat yang

    berkehendak baik untuk melestarikan ciptaan-Nya.                         

4. Menumbuh-kembangkan jati diri, cinta kasih dan solidaritas yang 

    menjadi perwujudan dan sarana keterlibatan seluruh umat dalam melaksanakan

    panggilan dan tugas perutusan umat  Allah.

 

Di tulis oleh :

Drs. Ign. Dadut Setiadi, MM

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan

Dewan Paroki Bongsari periode 2010-2013




33 Komentar :

Translation Service
25 September 2013 - 20:10:27 WIB

Banyak para pejabat publik rame rame mengundurkan diri dan pingin nyapres, ikut konvensi dan lain-lain. Pertanyaannya, kenapa mereka ingin jadi presiden, ??? kekuasaan. Salam sejahtera dari Translation Service.
Child Modeling Jobs
26 September 2013 - 08:39:00 WIB

Selamat bertanding untuk tim dari semua negara sahabat di Palembang, semoga pertandingan berjalan sukses dan semakin meningkatkan prestasi dan hubungan baik antar negara. Bravo Child Modeling Jobs.
African Mango Diet
26 September 2013 - 16:38:26 WIB

Sore ini rasanya cuaca panas sekali. Tapi tak apalah, dengan ditemani secangkir kopi pahit, ane masih bisa berkunjung ke situs ini lagi.
Translating And Interpreting Services
01 Oktober 2013 - 19:59:43 WIB

Banyak artikel yang memberi kami informasi menarik, dan bisa menambah wawasan bagu semua masyarakat. Terus menyampaikan ulasan yang aktual dan faktual.
Distribution Warehouse
02 Oktober 2013 - 11:48:25 WIB

Untuk semua sahabat dan pembaca yang ada disini, salam kenal dari kami '' Distribution Warehouse ''. Sungguh sangat beruntung dapat bersua dengan website yang luar biasa. Moga bisa menjadi pelopor.
Saffron Weight Loss
17 Oktober 2013 - 08:27:24 WIB

nice informasi gan..
Pengobatan Penyakit Tumor Rahang
25 Oktober 2013 - 10:52:46 WIB

berita disini emang paling asyik dan menarik. terus tingkatkan lagi gan
Obat Tradisional Radang Telinga
25 Oktober 2013 - 11:08:22 WIB

berbagi pengetahuan itu tidaklah rugi , berbagi kegembiraan itu menyenangkan .. terima kasih sudah mau berbagi dnegan kami ..
Obat Herbal Ayan Epilepsi
25 Oktober 2013 - 11:28:23 WIB

dengan berbagi informasi-informasi terkini , semoga bisa menambah wawasan para pembacanya .
terima kasih - salam sukses
obat asam lambung
06 November 2013 - 11:59:05 WIB

terima kasih infonya..
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 4 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)